17 August 2015

Kebebasan Finansial, Haruskan Meninggalkan Pekerjaan ? - Bagian 2



Berkali-kali Anda pasti mendengar bahwa uang bukanlah segalanya di dalam kehidupan. Ungkapan tersebut sangat benar, tetapi ada satu hal yang sangat pasti bahwa uang dapat memengaruhi seluruh segi kehidupan kita.

Untuk meningkatkan pemikiran dan menambah pengetahuan, Anda harus menanamkan harta di dalam pemikiran dan akal Anda. Saya juga akan menanyakan hal-hal berikut kepada Anda.


  • Apa pendapatan Anda sekarang?
  • Apa pendapatan terbesar Anda dalam satu tahun?
  • Berapa jumlah yang Anda yakini yang bisa Anda dapatkan untuk hidup sesuai dengan keinginan Anda?
Untuk mewujudkan kebebasan finansial. Anda harus membuka sekat-sekat yang telah menumpuk di pikiran Anda, terutama dari lingkungan yang Anda diami selama bertahun-tahun. Hal ini dapat diatasi dengan kebiasaan membaca setiap harinya demi pengembangan diri serta menghadiri pelatihan dan seminar-seminar yang berkenaan dengan investasi dan keuangan. Anda juga harus mengubah pola pikir Anda untuk berlomba-lomba dan berkreasi untuk mendapatkan kekayaan.

Tingginya pendapatan Anda bergantung pada tingginya nilai personal Anda dan akan membangun tingkat kepercayaan diri Anda sehingga akan menciptakan suasana yang baru dalam hidup Anda.

Mari kita bayangkan jika pendapatan Anda setiap bulannya sama nilainya dengan pendapatan Anda per tahun.

  • Bagaimana Anda akan mengubah hidup?
  • Apa yang akan Anda terapkan dalam pekerjaan?
  • Di mana Anda akan mengerjakannya?
Pertanyaan di atas akan menambah kesadaran Anda akan pentingnya pengetahuan keuangan. Jawaban dari Anda pun akan lebih memperdalam pemahaman keuangan Anda.

Kami akan memberikan bukti betapa pentingnya menentukan tujuan dalam kehidupan Anda, seperti menentukan hari kebebasan finansial Anda. Selain itu, Anda juga harus bekerja untuk menggapai tujuan Anda tersebut. Bayangkan, suatu ketika Anda masuk ke sebuah toko untuk membeli suatu barang, apakah sang penjual akan memberikan Anda potongan harga dari barang yang Anda beli jika Anda tidak memintanya? Tentu saja jawabannya "Tidak". Sebaliknya, jika Anda terus menawar, penjual akan memberikan potongan harga beberapa persen.

Hal ini menunjukkan bahwa Anda harus mengetahui untuk melakukan sesuatu sesuai dengan batasan yang Anda inginkan, begitu juga Anda harus bekerja untuk mewujudkannya.

Menentukan tujuan untuk kebebasan finansial sebagaimana yang Anda rencanakan dan mencapainya akan memberikan kepada Anda kebebasan memilih. Manakah yang lebih baik untuk Anda, memiliki satu pilihan atau dua pilihan?

Adanya dua pilihan akan lebih baik daripada satu pilihan. Satu pilihan akan membuat Anda berada dalam kesusahan, tetapi dua pilihan akan memberikan Anda lebih mudah dan lebih baik.

Satu pilihan akan menjadikan Anda dalam posisi selalu bereaksi dan berinteraksi dengan hasil yang Anda dapat. Selain itu, satu pilihan akan mengekang kebebasan Anda untuk memutuskan sesuatu tanpa tekanan, bahkan akan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk memutuskan.

Jika Anda telah mencapai kebebasan finansial seperti yang Anda rencanakan, apakah Anda harus meninggalkan pekerjaan yang telah membawa Anda untuk mencapainya?
Sekarang Anda adalah pemimpin untuk diri Anda sendiri dan 100% keputusan ada di tangan Anda. Jika Anda meneruskan pekerjaan Anda, barangkali karena Anda mencintainya, silahkan Anda meneruskannya. Bukan berarti ketika Anda meneruskan bekerja, Anda melakukannya karena sebuah keharusan. Sebab, dorongan Anda bukan lagi keinginan karena Anda telah bebas finansial.

Tidakkah untuk memiliki pilihan ini Anda harus berjuang mencapainya? Andaikata setiap kita memiliki pilihan ini sejak muda.

Artikel Sebelumnya : Kebebasan Finansial, Haruskan Meninggalkan Pekerjaan ? - Bagian 1

No comments:

Post a Comment