17 August 2015

Kebebasan Finansial, Haruskah Meninggalkan Pekerjaan ? - Bagian 1



Kebebasan finansial seseorang bukanlah sesuatu hal yang kebetulan, tetapi dapat dicapai dengan keinginan dan pilihan.

Dalam penulisan artikel ini, saya bertanya kepada para karyawan, "Kapan kamu meninggalkan pekerjaan ? " Dengan kata lain, "Kapan kamu akan lepas dari budak gaji ?"

Jawaban mereka sama, yaitu mereka tidak akan meninggalkan pekerjaan sampai pensiun, sekitar umur 60 tahun.

Apa maksud dari hal ini? Jawaban yang mampu diucapkan oleh mereka adalah terus bekerja sampai umur 60 tahun. Hal ini disebabkan oleh dua hal. Pertama, tidak adanya target khusus. Kedua, rasa takut dan terlalu bergantung pada pekerjaan yang aman.

Saya akan bertanya kepada diri Anda, "Apa jaminan yang Anda miliki sehingga Anda lebih memilih melanjutkan pekerjaan Anda sampai masa pensiun ?"

Secara jelas mungkin jawabannya adalah jaminan yang Anda miliki adalah kepercayaan Anda terhadap tempat kerja Anda atau Anda menyandarkan hidup Anda padanya. Sebenarnya, memutuskan untuk meneruskan pekerjaan hingga masa pensiun adalah resiko besar dan tidak dapat menjamin kehidupan Anda. Apalagi bagi mereka yang hanya memiliki pemasukan satu-satunya dari gaji yang mereka gunakan untuk menjamin kebutuhan hidup.

Pertanyaan selanjutnya adalah, "Jika Anda berhenti/diberhentikan dari pekerjaan karena suatu alasan, berapa hari/tahunkah tabungan anda dapat mencukupi segala kebutuhan hidup Anda?"

Jawaban mereka sangat beragam. Yang jelas adalah mereka tidak pernah menanyakan pertanyaan ini kepada diri mereka atau mereka juga tidak memiliki perencanaan untuk kemungkinan dalam hidup mereka.

Beramallah untuk akhiratmu seakan-akan enkau akan mati esok hari dan bekerjalan untuk duniamu seakan-akan engkau akan hidup selamanya.
Lalu, apa pengertian kebebasan finansial Anda?

Cara pertama untuk menyelesaikan permasalahan adalah membatasi atau mengetahu permasalahan tersebut. Oleh karena itu, kebebasan finansial Anda adalah ketika Anda mampu memenuhi seluruh biaya hidup Anda dengan kekayaan yang Anda miliki, tanpa harus bekerja lagi, Bukankah tujuan seperti ini harus kita perhatikan?

Setiap tujuan pasti dimulai dari pemikiran yang terus diulang-ulang dalam pikiran, kemudian berubah menjadi perasaan. Selanjutnya, perasaan akan berubah menjadi tindakan untuk menggapai tujuan.

Lanjutkan Membaca : Kebebasan Finansial, Haruskah Meninggalkan Pekerjaan ? - Bagian 2


No comments:

Post a Comment