16 August 2015

9 Model Bisnis Online Untuk Pemula - (Bagian 2)



Pada bagian pertama kita telah membahas beberapa model bisnis online yang sering digunakan. Pada bagian kedua ini kita akan membahas kembali beberapa bisnis online yang paling sering digunakan oleh para pelaku bisnis online.

Model Bisnis Transaction Processing

Perusahaan yang menjalankan model bisnis ini mirip seperti sebuah bank. Tetapi bedanya perusahaan ini hanya menyediakan fasilitas transaksi. Jadi mereka tidak memberi pinjaman dana. Produk mereka berupa rekening virtual (rekening online) yang dapat kita gunakan untuk bertransaksi di internet. Karena mereka punya produk yang berupa rekening virtual, kita bisa menyimpan uang di rekening tersebut. Kelak rekening itulah yang kita gunakan untuk transaksi di internet.

Contoh perusahaan online yang menjalakan model bisnis ini adalah bisnis PayPal.com. Selain PayPal.com, di indonesia juga ada website yang namanya IpayMu.com. Mereka menghasilkan pendapatan dengan cara memberi fee (biaya) pada transaksi yang terjadi.

Paypal ini mirip seperti rekening bank virtual, Jadi kita bisa membuat rekening (akun) di PayPal. Nah akun PayPal tadi dapat kita gunakan untuk bertransaksi. Kita bisa mengirim uang ke sesama pengguna PayPal, menerima uang, dan menyimpan uang melalui akun PayPal.

Nah, ketika kita bertransaksi melalui PayPal untuk kondisi tertentu ada biaya yang harus kita bayarkan. Biaya yang dibayarkan itulah yang menjadi pemasukan bagi perusahaan yang menerapkan model bisnis ini.

Model Bisnis Licensing

Selain model bisnis yang tadi sudah kita bahas, masih ada model bisnis yang namanya licensing. Contoh bisnis online yang menerapkan model bisnis semacam ini adalah website PenjajahFB.com. PenjajahFB.com adalah sebuah website yang menyediakan sebuah website yang menyediakan aplikasi (tool) untuk kegiatan Facebook marketing. Nah agar bisa menggunakan aplikasi disediakan oleh PenjajahFB.com, kita harus membayar lisensi penggunaan. Nah, biaya yang kita bayarkan untuk lisensi itu tadilah yang akan menjadi pemasukan bagi PenjajahFB.com.

Selain PenjajahFB.com, website lain yang menerapkan model bisnis semacam ini misalnya ZahirAccounting.com. ZahirAccounting.com adalah website yang menyediakan software akuntansi. Agar bisa menggunakan software akuntansi tersebut, tentu saja kita harus membayar lisensi penggunaan software tersebut.

Model Bisnis Pengelolaan Data

Model bisnis yang ini adalah model binsis pengelolaan data. Perusahaan online yang menerapkan model bisnis semacam ini adalah wwa.Alexa.com.

Alexa.com adalah website yang mengumpulkan data-data website dari seluruh dunia. Lalu kemudian data itu dikelola. Nah, orang-orang yang butuh layanan pengelolaan data tersebut haruslah membayar Alexa. Dari sanalah Alexa mendapatkan pemasukan.

Keren bukan ? Dari urusan mengelola data saja, Alexa bisa mencetak penghasilan yang fantastis.

Model Bisnis Berbaris Aplikasi Mobile

Seiring dengan semakin canggihnya handphone saat ini, maka tentu angka penggunaan aplikasi mobile akan semakin tinggi. Makin tingginya penggunaan aplikasi mobile tentu saja akan membuat para developer berlomba-lomba mengembangkan aplikasi mobile untuk memudahkan hidup manusia.

Dalam bisnis onilne, kita juga bisa menghasilkan uang dengan membuat aplikasi mobile. Lalu aplikasi mobile itu kita uangkan. Caranya ?

Cara pertama bisa dengan cara kita jual aplikasi tersebut. Jadi orang yang mau men-download aplikasi kita haruslah membayar. Atau cara yang kedua bisa juga dengan cara di dalam aplikasi itu kita pasangi dengan iklan. Nah, kita mendapatkan uang dari iklan-iklan tersebut.

Model Bisnis Gaming

Model bisnis yang terakhir ini adalah model bisnis di bidang game. Ada beragam cara menghasilkan uang dengan game. Cara-cara tersebut misalnya :


  • Dengan menjual game tersebut. Jadi orang-orang yang mau memainkan game kita haruslah membayar terlebih dahulu.
  • Dengan menyediakan game tersebut secara gratis, tapi jika ingin menggunakan fasilitas khusus dalam game tersebut, pengguna haruslah membayar. Contoh game yang menerapkan cara ini misalnya Angry Bird. Ketika Anda bermain Angry Birds, awalnya kita diberikan akses secara gratis. Namun, ketika kita sudah ketagihan dan ingin lanjut ke level yang jauh lebih tinggi kita diharuskan membayar. Selain itu kalau kita ingin menggunakan ilmu/senjata khusus di Angry Birds, kita harus membeli dulu senjata tersebut. Nah, dari pembelian kita tadilah perusahaan pembuat si burung ini akan mendapatkan pemasukan.
  • Dengan menjual voucher dalam game tersebut. Jadi pengguna bisa memainkan game secara gratis, namun jika mereka ingin ada fitur khusus mereka haruslah membayar ke kita. Nah , mereka membayar kita lewat pon. Pon ini bisa dibeli melalui voucher. Jika Anda punya passion bidang gaming, maka Anda bisa belajar mencoba berbisnis di bidang ini.
Dari ke-9 model bisnis yang tadi sudah kita bahas tadi, ada 3 model bisnis yang paling memungkinkan untuk dicoba oleh kita para pemula, 3 model bisnis tersebut adalah :

  • Commerce
  • Periklanan online
  • dan Subscription
Bagaimana dengan model bisnis lainnya ? model bisnis lainnya juga bisa kita coba, hanya saja model bisnisnya akan lebih kompleks dan butuh sumber daya yang tidak sedikit. Misalkan, kita mau menjalankan model bisnis transaction processing, maka kita harus membangun sistem transaksi yang baik dan aman.

Dapat Anda bayangkan betapa kompleksnya proses kerja membangun sistem tersebut. Berapa banyak uang, waktu dan tenaga yang harus kita investasikan untuk membangun sistem tersebut.

Oleh sebab itu, 3 model bisnis yang tadi saya sebutkan adalah model bisnis yang lebih sederhana dan bisa kita bangun sekarang juga.

Baca Artikel Sebelumnya : 9 Model Bisnis Online Untuk Pemula - (Bagian 1)

1 comment:

  1. Yup, tetapi lbh tepat ditujukan bagi Pemula yang bener2 serius n tekun.

    http://kasamago.com/

    ReplyDelete