16 August 2015

9 Model Bisnis Online Untuk Pemula - (Bagian 1)



Ada 9 model bisnis untuk menghasilkan uang dari internet. 9 model bisnis ini sudah terbukti ampuh dan sudah diterapkan oleh berbagai perusahaan-perusahaan internet TOP di dunia. Apa saja ke-9 model bisnis tersebut ? Berikut pembahasannya.

E-commerce

Model bisnis online yang pertama adalah jualan (commerce). Contoh perusahaan online yang menerapkan model bisnis ini misalkan seperti www.lazada.co.id, tokopedia.com dan zalora.co.id

Untuk menghasilkan uang dengan model bisnis seperti ini, kita harus menjual produk. Produk yang dijual bisa apa saja. Mau jualan sepatu, jualan baju, jualan buku, jual produk apa saja yang bisa laku.

Jadi, jika Anda ingin menghasilkan uang dari internet dengan model bisnis ini, maka anda perlu berjualan online.

Seni Menjadi Pedagang Online 468x60

Online Advertisement

Selain menghasilkan uang dengan menjual suatu produk, kita juga bisa menghasilkan dengan melalui periklanan, Contoh website yang menerapkan bisnis model ini adalah:

  • Facebook.com Facebook menghasilkan uang dari iklan. Jika Anda sering mengakses situs facebook, maka Anda pasti juga sering menjumpai iklan-iklan yang ada di sisi kanan Facebook. Nah, itu salah satu contoh bentuk iklan yang ada di Facebook.
  • Google. Program periklanan yang disediakan oleh Google dinamakan dengan Google Adword. Google Adword ini memungkinkan para pemasang iklan untuk beriklan pada hasil pencarian Google. Ambil contoh, Anda ketik kata kunci 'jual mobil' di Google. Nah, pada hasil pencarian yang Anda temukan, akan ada dua jenis hasil pencarian. Hasil pencarian yang paling atas adalah hasil pencarian yang berupa iklan Google Adwars. Nah, hasil pencarian yang lain barulah merupakan hasil pencarian organik. Dari google Adwars inilah GOogle menghasilkan pendapatan.
  • Detik.com. Situs-situs media/portal berita seperti Detik.com ini juga menghasilkan pendapatan dari iklan. Kedepannya bisnis model periklanan online seperti ini akan semakin cerah.
Website dengan model bisnis semacam ini mendapatkan pemasukan dari biaya iklan yang dibayarkan oleh pemasang iklan. Ketika nanti kita memiliki sebuah blog, kita juga bisa menjadikan blog kita sebagai tempat orang-orang beriklan. Kita juga bisa menerapkan model bisnis periklanan ini di blog.

Subscription

Model bisnis online yang ketiga adalah subscription. Apa itu subscription ? Model bisnis subscription artinya sebuah website mendapatkan pemasukan dari keanggotaan berbayar.

Website subscription menawarkan keanggotaan berbayar. Orang-orang yang mendaftar kelak harus membayar biaya pendaftaran. Nah, setelah membayar biaya pendaftaran, kelak mereka akan menjadi member dari website tersebut.

Ketika orang-orang sudah terdaftar sebagai member dari website subscription, mereka bisa mengakses puluhan video tutorial atau pun sebuah fitur tertentu dari website tersebut. Seperti itulah model bisnis subscription.

Model Bisnis Peer To Peer

Model bisnis peer to peer adalah model bisnis online di mana sebuah perusahaan menjadi penghubung antara komunitas dan pengguna jasa. Perusahaan menjadi penghubung antara komunitas dan pengguna jasa. Contoh website yang menerapkan model bisnis semacam ini adalah Sribu.com. Sribu.com adalah website yang menghubungkan komunitas desainer dengan perusahaan/klien yang butuh jasa desain.

Pendapatan dari model bisnis semacam ini didapatkan dengan cara pemberian biaya terhadap penggunaan fasilitas situs web. Misalkan ada si A dan si B, Si A adalah pengguna jasa, sementara si B adalah penyedia jasa. Nah, website X adalah website yang menghubungkan antara si A dan si B. Ketika si A berhasil bertransaksi dengan si B, maka kelak website X bis amemberikan biasa untuk transaksi tersebut.

Bersambung ke :  9 Model Bisnis Online untuk Pemula - (Bagian 2).

No comments:

Post a Comment